IMPLEMENTASI SAINS LINGKUNGAN PADA HIDROPONIK DENGAN AUTOMATIC DRIP IRRIGATION SYSTEM BERBASIS TIMER
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Implementasi
Sains Lingkungan Pada Hidroponik Dengan Automatic
Drip Irrigation System Berbasis Timer
B |
elajar ilmu fisika di kelas terkadang membosankan
karena banyak konsep, teori, rumus, prinsip dan hukum perlu dihafal dan
mengerjakan soal penuh konsep dan sedikit membingungkan dengan rumus apa yang
cocok dengan penyelesaian soal tersebut membuat neuron totak tidak mampuh lagi
belajar. Seorang Guru Fisika bila mana menghadapi persoalan ini di kelas perlu
mencari cara untuk membuat pelajaran fisika menjadi lebih menyenangkan bagi
anak-anak didik.
Tidak sedikit
guru fisika menghadapi anak didik yang kesulitan belajar tapi acuh tak acuh
dengan prinsip asal mengajar tidak mengerti pun bukan urusan asal setiap bulan
terima gaji dan tunjangan. Sebagai Pendidik yang peduli akan masa depan anak
bangsa maka benang kusut ini perlu diuraikan oleh guru dengan mencari cara
lebih menyenangkan bagi anak untuk belajar tanpa berprasangka bahwa fisika itu
ilmu yang sulit dan berat dipelajari di kelas.
Dari judul
tersebut di atas, merupakan program fisika dalam metode KUDIK dan PROSADAR di
SMA Swasta Reformasi Plus. Bagimana agar anak didik bisa belajar sambil mengeksplorasi
dengan lingkungan yang membuat mereka asik dan menikmati apa yang meraka
belajar selama ini bukan sesuatu yang sulit dan berat bagi mereka. Bagimana
agar membangkitkan kembali jiwa semangat anak dan motivasi anak untuk belajar
tanpa rasa bosan.
Banyak sekali
karakter didesain dalam pribadi anak dalam hal belajar. Ada pribadi anak
bagaikan seekor ikan diajar naik pohon seperti seekor kera atau ada pribadi
anak bagaikan seekor gaja diajar untuk berenang seperti seekor ikan lumba-lumba.
Pribadi-pribadi seperti ini sangat mustahil dapat berhasil jika guru menyamakan
metode pelajar antara yang satu dengan yang lain. Pribadi seperti itu merupakan pribadi yang
unik dalam belajar sehingga sebagai seorang guru kita menemukan cara lain untuk
mengajari dan menuntun mereka untuk menemukan cara mereka sendri dalam belajar.
Dari project ini
dikerjakan tanpa sengaja mereka sudah bereksplorasi, mereka belajar dan berkesimpulan
bahwa penerapan ilmu fisika di lingkungan bukan bersifat linear atau berdiri
sendiri tetapi trans disiplin ilmu (dapat diintegrasikan dengan disiplin ilmu
yang lain). Bisa dikatakan bahwa Pelajaran berbasis project dengan multi
disiplin ilmu. Misalkan dengan project hidroponik yang mereka kerjakan dan
pelajari ternyata banyak disiplin ilmu dipahami bekerja dalam project tersebut
yakni; ilmu ukur dalam matematika, unsur dan fluida dalam fisika, larutan,
senyawa dan unsur serta reaksi tanah dalam ilmu kimia, botani dalam biologi,
manfaat sayur bagi kesehatan dalam ilmu kedokteran, pemasaran dalam ilmu
ekonomi dan masih banyak ilmu lain yang terkait.
Lahan yang
digunakan oleh project Sains ini dengan memanfaatkan balkon belakang lantai dua
gedung kampus dua sekolah reformasi. Ukuran lahan
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar